Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 31 Desember 2012

10 MAKAN KOREA TERPOPULER


  1. Soondubu Jiggae
    Jenis makanan ini adalah makanan yang direbus. Ikan segar adalah bahan utama masakan ini. Ditambah sedikit daging sapi, bubuk cabe, tahu sutra, dan telur. Kurangilah bubuk cabe pedas jika Anda tidak suka pedas atau memasak buat anak-anak. Daging sapi yang dicampurkan lebih kepada penambah rasa masakan bukan untuk mengenyangkan perut. Betapa sehatnya menu ini dengan penggunaan daging sapi. 

    Makanan ini lebih kental dari sup, tapi lebih encer dari bubur. Kalau dengan cara tradisional (menggunakan gerabah), Soondubu Jiggae dimasak hanya untuk satu piring.
  2. Seolleongtang
    Sup yang populer di Korea adalah Seolleongtang. Bahkan karena begitu terkenalnya, menu ini menjadi satu-satunya menu yang sengaja disediakan salah satu restoran. Bahan masakan ini adalah tulang sapi berupa kaki atau buntut yang direbus. Merebusnya harus berjam-jam agar semua kalsium terlepas dan sampai tulangnya berwarna putih yang khas. Untuk itu Seolleongtang adalah yang paling lama masaknya.

    Potongan daging sapi dan lobak juga menjadi campuran menu ini. Musim dingin biasanya menjadi saat yang tepat untuk membuat sup ini. Bahkan agar bisa dikonsumsi selama 1 minggu menu ini dibuat dalam jumlah besar. Di Korea, Seolleongtang bukan hanya dimakan untuk makan malam, tapi juga buat sarapan.
  3. Ddukbokkie
    Berbagai rasa dihadirkan dalam makanan Korea yang merupakan jajanan jalanan yang paling populer ini. Ddukbokkie dibuat dari kue ikan, telur rebus, ditambah saus pedas yang sedikit manis. Sebagai penawar rasa pedasnya, dihadirka kue beras yang kenyal dan lembut.

    Di kota-kota besar di Korea masakan ini sering tercium saat malam hari. Seperti Seoul, di sana banyak pedagang yang menjajakan Ddukbokkie dengan resep dan cita rasa sendiri.
  4. Dakjuk
    Rebusan daging ayam dalam air yang tercampur bawang merah dan bawang putih adalah bahan membuat Dakjuk. Nasi kemudian ditambahkan kedalamnya dan dimasak sampai daging ayam matang. Daging ayam dan bawang putih memperkaya rasa makanan yang seperti bubur yang sangat kental ini.
  5. Hoeddeok
    Bagi Anda pecinta rasa manis, makanan yang mungkin wajib dicoba adalah Hoeddeok. Bentuknya seperti pancake, yang membedakan hanya cara pembuatannya yang cukup rumit. Karena dibuat dari adonan ragi yang disiramkan campur an kayu manis, gula merah, dan kenari. Semuanya digoreng dalam wadah berminyak. Hoeddeok sangat disukai anak-anak di Korea.
  6. Yangnyeom Tongdak
    Makanan ini merupakan ayam goreng khas korea yang bila Anda mencobanya, mungkin tidak akan lagi ke Kentucky Fried Chicken, tapi beralih ke Korean Fried Chicken. Saus dengan rasa manis bercampur pedas adalah sensasi pertama saat Anda menggigitnya. Setelah itu tekstur empuk daging ayam Yangnyeom Tongdak akan terasa renyah.
  7. Japchae
    Sejarah Japchae berawal dari seorang raja dan seorang juru masaknya yang pertama kali membuat masakan ini tanpa mie. Sekarang Japchae populer di Korea dan negara lain ini. Kelezatan masakan ini baru akan Anda rasakan ketika mencicipinya. Sekarang mie merupakan elemen penting masakan ini. Mie dibuat dari ubi jalar yang membuatnya memiliki tekstur lebih kenyal. Mie bersama dengan berbagai sayuran yang dimasak setengah matang, kemudian diracik dengan cara ditumis.
  8. Bulgogi
    Restoran-restoran Korean BBQ biasanya selalu menampilkan menu yang mungkin paling banyak dikenal orang ini. Bulgogi terbuat dari irisan daging sapi yang dicelupkan dalam saus terbuat dari jus buah pir, bawang putih, kecap, dan lainnya. Rasanya, adalah sepotong daging lembut yang manis, gurih, dan lezat.
  9. Bibimbap
    'Bibim' dalam bahasa korea berarti "campuran" dan "bap" berarti beras. Semua bahan kecuali daging disiapkan sebelumnya yang kemudian akan ditambahkan di atas nasi hangat. Setelah itu, ditambahkan daging goreng dan telur mata sapi di atasnya. Saus pedas yang terbuat dari gochujang (pasta cabai Korea) biasanya menjadi teman sajian Bibimbap.
  10. Kimchi
    Seperti halnya roti atau yoghurt, Kimchi juga hidangan hasil fermentasi. Serbuk cabai, bawang putih, daun bawang, jus buah pir, merupakan campuran yang membalut makanan korea yang terbuat dari kubis ini.

    Walau tampilannya tidak menarik, rasanya yang menawan membuat Kimchi harus ada di Korea entah itu hidangan sarapan, makan siang atau makan malam.

0 komentar:

Posting Komentar